Al Wijdani Toreh Prestasi Jawa Timur

SYAMSUL A. HASAN Ahad, 21 April 2013 15:18 WIB
489x ditampilkan Berita

Meski baru sekitar lima bulan terbentuk, Jam’iyah Hadrah beraliran Banjari, Al Wijdani, milik Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, sudah mampu menunjukkan taringnya di level provinsi Jawa Timur, dengan berhasil menyabet juara Harapan I dalam ajang kompetisi Seni Hadrah Banjari yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi swasta TV 9, bekerjasama dengan Pengurus Pusat IPPNU dan Royal Plaza.
Kompetisi Seni hadrah Al Banjari yang digelar TV 9 tersebut berlansgung di Gedung Royal Plaza Surabaya, selama 2 hari, sejak tanggal 14 sampai 15 Agustus 2010, bertepatan dengan tanggal 4 sampai 5 Ramadhan 1431 Hijriyah, kemarin. Lomba tersebut diikuti oleh 53 grup hadrah beraliran Banjari yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur.
Hadrah Al Wijdani yang lahir sebagai adik kandung dari Hadrah Revolusioner Al Badar tersebut memang diformat beraliran Banjari yang berbeda dengan aliran hadrah revolusioner Al Badar. Perbedaan aliran tersebut sekaligus menandakan keanekaragaman seni hadrah yang dimiliki Pesantren Sukorejo.
KH Drs Afifuddin Muhajir, MAg, selaku pembina hadrah Al Wijdani, mengaku gembira atas hasil yang telah ditorehkan oleh para musisi Al Wijdani. Raihan prestasi tersebut sebenarnya tidak diduga sebelumnya. Karena target yang diusung oleh Al Wijdani sebenarnya hanya ingin turut berpartisipasi sekaligus menimba pengalaman dari grup-grup hadrah Al Banjari lainnya yang sudah lahir terlebih dahulu dan meramaikan khazanah kesenian Islam.
Demikian pula Ust. Hafizhurrahman selaku pimpinan grup mengaku bangga sekaligus termotivasi untuk semakin meningkatkan kualitas grupnya baik dari segi performance maupun aneka ragam dan variasi lagu yang akan dibawakan. (nsn)