Kejujuran Pilar Utama KKN-DR

SYAMSUL A. HASAN Rabu, 31 Maret 2021 10:49 WIB
678x ditampilkan Berita

Kejujuran merupakan pilar utama Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN DR). Dengan kejujuran mahasiswa akan melaporkan dengan sebenarnya kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan sekitarnya, yang jauh dari pantauan dosen pembimbing lapangan. Kejujuran termasuk kontrol diri yang paling baik.

 

Demikian salah satu pesan penting KHR. Ach. Azaim Ibrahimy, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah kepada 733 peserta KKN DR Universitas Ibrahimy pagi tadi. Kiai Azaim berpesan, agar mahasiswa menjaga ketaqwaan di mana pun berada. Kalau kita berbuat salah, agar bersegera melakukan perbuatan baik untuk menghapus kesalahan tersebut. Kita harus memiliki akhlak baik. ”Akhlak baik itu termasuk beribadah dan berpahala. Akhlak buruk juga berpotensi dosa,” imbuh Kiai Azaim.

 

Kiai Azaim berpesan agar mahasiswa menjaga Allah, maka Allah pun akan menjaga kita. Terdapat hak-hak Allah yang harus dijaga, kalau kita mampu menjaga tersebut dengan sendirinya Allah nanti akan menjaga kita. ”Pada zaman sekarang riyadah itu dengan tidak melakukan maksiat,” sambungnya.

 

Pesan Kiai Azaim yang lain, mahasiswa harus bertawakkal. Tawakkal dapat berarti punya tekad. Karena kita harus jujur, giat, dan ikhlas dalam melakukan program KKN DR. Setelah itu, baru tawakkal.

 

Dalam pandangan Kiai Azaim, mahasiswa Universitas Ibrahimy merutinkan kegiatan di pesantren ketika di rumah; apalagi sampai mengajak keluarga dan tetangga itu sudah cukup baik dan dianggap berhasil dalam melaksanakan KKN DR.  

 

Menurut Ustadz Alimin, peserta KKN-DR sebanyak 733 mahasiswa yang tersebar di 25 kabupaten. KKN DR ini merupakan KKN model baru di Universitas Ibrahimy di tengah-tengah masa pandemi COVID-19. Laporan KKN-DR dilakukan secara individu. Panitia juga membuat terobosan dengan membuat aplikasi untuk pelaporan.