Konferensi Internasional di Sukorejo Bawa Pesan Perdamaian Dunia

SYAMSUL A. HASAN Sabtu, 29 Maret 2014 13:01 WIB
625x ditampilkan Berita

Konferensi Internasional yang mulai dilaksanakan pada Hari Sabtu (29/03), di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo memiliki tujuan yang mulia. konferensi yang dihadiri oleh para ulama dari penjuru dunia itu, membawa misi perdamaian dunia.

Hal itu diungkapkan oleh pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy. Menurut Pengasuh keempat Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo itu, Pesantren sebagai pusat peradaban islam menawarkan perdamaian kepada negara islam yang saat ini terbelenggu dalam konflik.

misi mulia yang disampaikan oleh Kiai Azaim itu, bukan isapan jempol semata. sebab, pada konferensi internasional itu juga menghadirkan para ulama dan pemikir islam dari negara konflik, seperti Syria, mesir dan libya.

ulama-ulama itulah nanti yang akan menggambarkan secara utuh keadaan negara islam yang saat ini sedang mengalami konflik.

harapan serupa juga disampaikan oleh Sekjen ICIS, Dr. KH. Hasyim Muzadi. menurut mantan ketua umum PBNU itu, sudah saat nya agama dan negara saling bersinergi. “Negara melindung Agama, dan Agama mensuport Negara” ujar Kiai Hasiym.

Ulama-ulama timur tengah yang hadir dalam acara itu antara lain, Syekh Wahbah Zuhaili (Syria), Syerkh Abdel Karem Debbaghi (Aljazair), Syekh Mahdi bin Ahmad As Shumaidai (Mufti Iraq), Syekh Amer Saker (Iraq), Syekh Muhammad Jabor Al-Mannai (Qatar), Syekh Khalid Shaheen E El-Ghanim (Qatar), Syekh Hammad Jasem Naser (Iraq), Syekh Mundher Ismael Dakheel (Iraq), Syekh Ismael Sulaiman (Iraq).